BIMBINGAN IBADAH HAJI ARRAFIIYAH SIAP MENGANTAR DAN MEMBIMBING ANDA UNTUK MENGGAPAI HAJI MABRUR --- BERGABUNG SEGERA BERSAMA KAMI

Kamis, 11 Februari 2010

MASJIDIL HARAM YANG SAYA KETAHUI (4)



oleh H. Akbar

(6) MAS’A. Mas’a adalah sebutan untuk tempat para jemaah haji melakukan sa’i, yang dibangun untuk menghubungkan bukit Shafa dan bukit Marwa. Terbuat dari lantai pualam yang terhampar sepanjang 405 meter. Jemaah haji yang melakukan sa’i diha ruskan melalui jalur tersebut sebanyak 7 kali pulang pergi. Karena setiap musim haji Mekah dikunjungi sekitar 2 juta jemaah maka tempat sa’i dibuat menjadi 2 tingkat, dimana tingkat atas juga diberi beton peneduh sehingga jemaah terhindar dari teriknya matahari. Kawasan yang terletak antara Shafa dan Marwa yang sekarang ditandai oleh lampu neon hijau disebut Bathnul-Wadi. Di kawasan ini jemaah haji laki-laki yang sedang sa’I disunatkan berjalan cepat atau berlari kecil mengikuti apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
Masjidil Haram bentuknya relative bulat melingkari ka’bah dan sangat luas, sehingga untuk dapat memasukinya dari segala arah diperlukan banyak pintu. Jumlah pintu Masjidil Haram ada 94 buah yang terdiri dari 4 buah pintu utama dan 90 pintu biasa. Karena banyaknya pintu dan bentuknya yang hampir serupa mengakibatkan banyak jemaah yang tersesat. Untuk menghindari hal tersebut kita perlu mengetahui denah Masjidil Haram dan posisi pintu-pintu tersebut. Tiap pintu mempunyai nama sendiri yang dikaitkan dengan nama tokoh atau tempat yang mempunyai peran dalam perkembangan Islam.Diantaranya terdapat nama-nama Abu Bakar Shiddiq, Ibrahim, Ismai, dan lain-lain.
Masjidil Haram berada di sebuah lembah, terasa selalu akomodatif dan ajaib. Jutaan jemaah yang datang dari berbagai penjuru dunia masih bisa tertampung di masjid ini. Masjidil Haram mempunyai tiga lantai dengan sembilan menara besar yang tinggi. Kesembilan menara dengan relief dan ukiran jendela yang khas itu siang dan malam ditaburi cahaya sehingga terlihat terang benderang seperti siang karena didominasi sinar warna putih dari lampu mercuri yang bersumber dari generator listrik jutaan watt.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog