BIMBINGAN IBADAH HAJI ARRAFIIYAH SIAP MENGANTAR DAN MEMBIMBING ANDA UNTUK MENGGAPAI HAJI MABRUR --- BERGABUNG SEGERA BERSAMA KAMI

Rabu, 22 September 2010

PEMBAGIAN KLOTER PEKAN DEPAN

Kementerian Agama (Kemenag) memastikan pembagian kelompok terbang (kloter) calon jamaah haji (CJH) dilakukan pada 27-28 September atau pekan depan. Saat ini, setiap daerah sedang membentuk panitia haji di masing-masing embarkasi. Setelah proses tersebut selesai, pembagian kloter akan dilakukan dengan menggunakan sistem pengundian.

Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Slamet Riyanto mengatakan, pembagian kloter memasuki tahap finalisasi. "Kita sudah bertemu dengan maskapai penerbangan Garuda dan Saudi Arabia Airlines. Setelah disusun pada 27 atau 28 September nanti, kita akan menggunakan sistem Qurah (pengundian)," ucap Slamet setelah rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Selasa (21/9).

Menurut Slamet, saat ini pemerintah sedang menata 3.320 sisa kuota haji reguler yang belum terpakai. Sisa kuota tersebut akan dikembalikan ke daerah karena masih banyak kabupaten dan kota yang meminta. "Kita bagi sedemikian rupa. Kalau dilakukan baik, bisa secepatnya. Semua persiapan sudah mendekati (tuntas)," tuturnya.

Slamet menegaskan, sisa kuota haji reguler sepenuhnya dialokasikan untuk jamaah, bukan pejabat atau anggota dewan. "Pembagian dikembalikan ke daerah dan lewat petugas. Sekarang masih ada waktu untuk membagi," katanya.

Sekjen Kemenag Bahrul Hayat mengatakan, berdasar peraturan yang berlaku, kuota nasional diatur lebih lanjut oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Sisa kuota sudah terselesaikan. Sebanyak 423 kursi diberikan kepada petugas haji, termasuk tenaga kesehatan. Penambahan ini dilakukan karena adanya tambahan kuota yang didapatkan Indonesai sebanyak 10 ribu.

Rencananya, CJH mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada 11 Oktober. Embarkasi yang memberangkatkan saat itu adalah Aceh, Medan, Makkasar, dan Banjarmasin. Sisanya tetap diberangkatkan pada 12 Oktober. Jika CJH berangkat pada 11 Oktober, pada 10 Oktober mereka mulai masuk asrama haji. Sedangkan CJH yang berangkat pada 12 Oktober, jadwal masuk asrama haji adalah 11 Oktober.

Pemberangkatan CJH dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang yang pertama adalah 11Oktober-4 November, sedangkan gelombang kedua 27 Oktober-10 November 2010.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog